Saling nasihat menasihatilah kamu dalam kebajikan



Masa depan seseorang banyak ditentukan oleh kemampuan dirinya dalam mengatasi berbagai kesulitan di masa sekarang. Banyak orang-orang yang siap dan tahan bantingan di masa silam ia ternyata pantas untuk meraih sesuatu kemenangan sekarang.

Kamis, 08 April 2010

EMak, Aye Rindu……………


Aye adalah putri. Umur aye 11 tahun sekarang duduk dibangku sekolah dasar tepatnya kelas 6.   Babeh sama emak orang betawi asli tapi beda same orang betawi laennye yang punya banyak tanah ame kontrakan. Kite aje tinggal bukan di rumah sendiri tapi tinggal di dalam kontrakan kecil ini  
Aye cuma tinggal sama babeh aye, alias cuma berdua. Udah 3 tahun emak pergi dipanggil Allah.  Aye ga tau kenape emak ninggalin kite berdua, padahal kite sayang sama emak. Tapi kate babeh brarti emak disayang sama Allah.

“beh kapan sih kita bisa ketemu emak lagi.” Tanya aye
“Emak lu  udah idup enak di sana, nah kite yang disini cume bisa berdoa buat emak lu dan ngelakuin kewajiban-kewajiban kite.”Terang babeh
“emangnya emak hidup enak dimane sih beh, kok ga ngajak-ngajak kite?’”Tanya aye penasaran
“emak lo udah dipanggil same yang kuase, sama Allah.  Pokoknye emak lo udah enak dah idup dirumah Allah”jelas babeh sambil siap-siap kerja
“udeh sekarang ,lu sekolah yang bener, buat babeh ama emak lu bangga.” Terang babeh
“ie beh, beh aye berangkat dulu ya..assalamualaikum”
“walaikum salam”

Jum’at ,9.30 wib (pelajaran ke 2)

Anak-anak mari kita mulai pelajaran hari ini dengan bacaan Basmalah,”
“Bismillahirrahmannirahim”
“Baik, anak-anak kita akan melanjutkan pelajaran minggu lalu yaitu yakin kepada rukun islam.
“Rukun islam ada berapa anak-anak?” Tanya pak sholeh yaitu guru agama kami.
“lima…” Serentak murid-murid menjawab
ia bagus, sekarang yang kita pelajari yaitu rukun islam yang ke 5 yaitu pergi haji jika mampu”
 “untuk membicarakan masalah yang berkaitan dengan ibadah haji, dalam alquran telah diterangkan dalam surat al hajj : 27-28. sudah menjadi kewajiban kita bagi orang-orang yang mampu untuk menunaikan haji yaitu ke baitullah dengan nama lain berkunjung kerumah Allah”
Oleh karena itu anak-anak apabila sudah besar nanti ataupun yang punya orang tua mampu, segera lah menunaikan ibadah haji. Jangan menunda-nunda.  Sebab, orang yang sudah mampu beribadah haji, tetapi tidak juga mau menunaikannya, berarti orang itu meninggalkan kewajiban, keluar dari keta’atan.
Dan bagi kita disini yang belum mampu menunaikan haji maka tunaikanlah puasa dan apabila yang memiliki rejeki lebih, bisa berkurban, begitu anak-anak sekalian…….mungkin dari penjelasan yang sudah bapak terangkan tadi ada yang kurang jelas atau mau ditanyakan silahkan anak-anak mengacungkan tangan”
”saya pak”
langsung aye mengangkat jari telunjuk
“ya putri, apa yang mau kamu tanyakan”
“pak emang bener baitullah itu rumah Allah…?” Tanya aye dengan semangat
“ia bener baitullah itu rumah allah maka saat kita menunaikan ibadah haji ada hal-hal yang wajib kita kerjakan dan apabila kita menunaikan haji dan berdoa disana, insyaallah doa kita akan diijabah oleh Allah SWT.amin ya rabbal alamin.”
+++++++++++++++++++++++++++++
Pelajaran terakhir hari itu membuat hati dan pikiran aye terus bertanya-tanya…
Sesampainya di rumah aye masih mikirin pelajaran agama tadi. Pan kata babeh, emak udah idup enak di rumah Allah………trus kata Pak guru, klo kita naek haji berarti kita berkunjung kebaitullah yaitu rumah Allah.  Nah brarti klo aye bisa naek haji, aye bisa ketemu emak. 
Emak…putri kangen mak…….kenape sih emak pergi kaga ngajak-ngajak.  Emak pan yang sering nasehatin putri, emak juga orang didunia ini yang paling putri sayang.  Putri iri mak…liat temen-temen yang masih pada ada emaknya.
Ya allah putri rindu emak…karena emak ada dirumahMu ya Allah, tolong sampaikanlah salam rinduku untuk emak. Dan ya Allah sampaikanlah aku untuk berkunjung kerumahMu bersama dengan babeh untuk kerumahMu, amin……..



8 tahun kemudian………
Emak ku tersayang….apa kabar emak hari ini..  maaf ya mak udah lame aye ga curhat ke emak lewat buku diary ini…………………..
Mak kabar aye alhamdulillah sehat wal ‘afiat, Aye rindu banget sama emak. Mak udah hampir 3 tahun aye kuliah di sekolah tinggi keperawatan…putri udah jadi mahasiswi tingkat akhir mak. Malah sekarang aye tinggal nunggu wisuda. Maap ya mak aye cume bisa kuliah ampe D3. Aye mau cepet-cepet bisa kerja soalnye kesian sama babeh.
Oh iya mak, udah 4 tahun aye ga tinggal sama babeh, pan demi nguliahin aye babeh rela pergi ke arab untuk jadi TKW.  Alhamdulillah mak babeh sehat di sana trus katenye majikannya juga bae jadi tiap sebulan sekali babeh bisa nelepon aye dari sana.
Sekarang aye tinggal sama nyak fatimah (mpok nya emak aye), pan ncang yusuf udah lame meninggal, udeh gitu anak-anaknya nyak fatimah udah pade nikah. Jadi dari pade aye ngontrak sendirian kata nyak fatimah mending aye nemenin die.
            Ngomong-ngomong, aye udah ada yang naksir lo mak, tapi babeh bilang aye kudu lulus dulu kuliahnye, abis ntu aye boleh dah kenal sama lelaki.  Ada dua orang mak yang suka sama aye, yang satu anaknye pak kohar yang yang punya usaha batako ntu.  Namenye Junaedi, orangnya sih bae n ganteng mak tapi yang aye kaga suka dari dia yaitu malesnya ntu. Mentang-mentang babehnye punya pabrik batako masa dia ga mau kerja. Tiap hari kerjaannye cuma nongkrong-nongkrong ga jelas.  Aye pan dari dulu kaga suka same orang males, emang sih warisan bapaknya si junaedi ntu banyak tapi pan kite juga harus bekerja ame berusaha.
Nah kalo lelaki kedua namenye Ardi, orangnya sih ga ganteng-ganteng amat tapi dia sholeh mak, alias rajin ibadeh selain itu dia pekerja keras.  Dia mahasiswa semester akhir jurusan kedokteran.  Aye ketemu sama dia kira-kira 1 tahun yang lalu waktu aye ada tugas kampus untuk praktek disalah satu rumah sakit swasta dan dia juga lagi ada penelitian dari kampusnya di rumah sakit itu. Selama 5 bulan aye sering kerja bareng sama dia. Pokoknye yang jelas orangnye baek dah .  Tapi dia anak orang kaye, emang sih dia suka sama aye tapi pan blom tentu keluarganye suka juga sama aye.  Pan kite tergolong orang yang idupnya pas-pasan.
Tapi yang jelas aye juga blom ngepikirin serius hal ini mak, pan aye mo kuliah yang bener dulu biar bisa dapet kerja yang enak. Udeh dulu ya mak curhat aye, soalnye udah malem, besok aye harus bangun pagi ada urusan di kampus. Wassalam.

put…”teriak teman aye si dina
“kenape din, serius banget manggil gw”
put, tadi gw baca da info beasiswa untuk S1 keperawatan di salah satu universitas di hongkong” terang dina tergesa-gesa
“trus kenape..heboh banget sih lo??” Tanya aye heran
“Dengerin dulu, abis ntu ada nama-nama yang diajuin untuk ikut beasiswa itu dan nama kita berdua termasuk dalam nama mahasiswa yang diajuin untuk ikut.” Terang dina
“alhamdulillah..beneran lo din…?”
“ia”
“Tapi…..gw kan…berniat ikut ajakan kakak kelas kita, kak Mei yang bekerja di salah satu rumah sakit di arab Saudi, gw udah apply  untuk kerja di sana..”
“Ya tapi kapan lagi put, kita dapet beasiswa di luar negeri sekaligus dapet uang saku selama hidup di sana
“ia sih, nanti dah gw pikirin lagi…”
“ia lo pikirin ja dulu, lagian lo juga belum pasti diterima untuk lowongan di rumah sakit di arab ntu…”
Aye langsung menganggukkan kepala dengan berat, menutup pebincangan aye dengan temen aye si dina.
+++++++++++++++++++++++++++++
18.25 WIB      
Sesampainye aye dirumah, nyak fatimah langsung menghampiri aye..
“put, tadi ada telepon katenye lo disuru dateng untuk interview gitu”
“interview..di mane nyak?”
“ntu katanya agen penyaluran kerja, nih udah nyak tulis pesennya di kertas, tinggal lo baca” Langsung nyak fatimah memberi aye selembar kertas yang berisi lengkap pesen dari agen penyalur kerja yang tadi nyak fatimeh sebutin.
ie nyak makasih nanti aye baca dah, soalnya aye blom sholat magrib
Selepas aye mandi plus sholat magrib langsung aye baca pesen yang ditulis nyak fatimah tadi.  Alhamdulillah ini panggilan dari  agen penyalur kerja yang akan dikirim ke arab. Di dalam surat ini aye diminta dateng untuk interview hari sabtu besok.  Alhamdulillah hirabbil alamin…
++++++++++++++++++++++++++++++
Sabtunye aye dateng ketempat tuh agen penyalur kerja pada waktu yang sudah dijanjikan.  Sekitar setengah jam aye di interview dan dilanjutkan psikotes selama 4 jam pada hari itu juga.  Setelah itu Aye diminta menunggu kabar selanjutnya mengenai tes hari ini dalam waktu 1-2 minggu. 
Aye sangat berharap di terima dan bisa segera bekerja. Tapi di satu sisi aye juga berminat sama beasiswa ke hongkong ntu.  “Ya Allah..yang manakah yang lebih baik untuk hambamu ini……….”
++++++++++++++++++++++++++++++
Udeh hampir 2minggu blom ada kabar dari ntu agen penyaluran kerja.  Aye udah merasa pupus harapan aye untuk segera menyusul babeh yang udah duluan kerja di arab. 
Tapi tiba-tiba ade suare telepon dari ruang keluarga…dan nyak fatimeh yang ngangkat ntu telepon.
“put…putri telepon buat lo nih…”
“ia nyak….bentar…”
“dari siape nyak?’”
“duh nyak lupa tanyain yang jelas formil dah bahasanye”
“ie dah nyak sini teleponnya”
“hallo”
“ia benar”
“alhamdulillah…mulai kapan saya harus ikut pak..?”
“ia..baik pak..ia..makasih ya pak..”
“alhamdulillah”
“kenape-kenape put…gw cume denger elu nyebut ia, mulai kapan, sama alhamdulilleh..?” samber nyak fatimeh yang dari tadi berdiri di samping aye sambil dengerin pembicaraan aye ditelepon.
“Anu nyak…tuh bapak-bapak ditelepon bilang aye diterima tapi aye harus ikut pelatihan selama tiga bulan trus aye harus bayar uang pelatihan sama melengkapi kelengkapan administrasinye…” terang aye
“ya udeh put, lo ikut aje…nyak punya simpenan duit, ntu bisa elo pake untuk biaya pelatihannye”
“insyallah aye ikut nyak trus mengenai duit aye masih ade simpenan yang kiriman babeh bulan ini masih ada…”
“ya udeh kalo begitu tapi ngape muka elo bingung gtu pan bukannya elo pengen nih kerjaan…?”
“ie nyak, aye emang pengen banget tapi tadi siang aye juga dapet kabar bahagia.. Aye dapet beasiswa untuk kuliah di hongkong..”
“yah put…giliran dapet rejeki sampe dobel-dobel gini…brarti Allah sayang banget sama elo. Nah mendingan elu istikhoroh dah minta petunjuk mana yang lebih baik.”
“ia nyak insyaallah mulai hari ini aye istihoroh dan mudah-mudahan Allah memberikan yang terbaik untuk aye, ya nyak…”
++++++++++++++++++++++++++++++++++
“emakk…”
Ah cuma mimpi, Alhamdulillahhirabbin alamin..udeh brapa hari aye ngimpiin emak.  Biapun cume lewat mimpi tapi aye seneng dah bisa liat emak.  Apalagi tadi di mimpi aye, emak lagi senyum sama aye..
Pas banget jam 4 kurang, mending aye sholat tahajut same istikhoroh dulu ah biar Allah memberikan kemudahan.

08.05 WIB
“Din, Dina, udah brapa hari ini tiap malem gw mimpiin babeh n emak gw…mungkin ga itu pertanda dari Allah..”
“ah itu mah cuma bunga tidur aje..lagian ngambil keputusan lama banget sih lo put , jadi gimana nih keputusan elo..?”
“duh din…gw masih bingung nih…gw masih menimbang-nimbang dan masih mengadukan sama Allah pilihan mana yang lebih baik..”
“jangan kelamaan lo put soalnya kita diminta untuk segera lapor kebersediaan ikut tuh beasiswa”
“ia gw tau, lagian untuk mengurus administrasinya kan nunggu kita abis wisuda..brarti masih 2 bulan lagi, beres dah itu mah…”
“beres-beres! pokoknya gw berharap banget lo ikut ke hongkong biar kita bisa kuliah sama-sama lagi”
“ie..bawel-bawel…”

Juni 2007, 20.46 WIB
“nyak fatimeh…….kayanya ati aye lebih berat yang ikut kerja ke arab ntu dari pada nerusin kuliah…udeh gitu beberapa hari ini aye ngimpiin emak same babeh mulu, jangan-jangan itu pertanda juge”
“ya udeh put, nyak sih dukung-dukung aje soalnye kedua-duanya bagus menurut nyak.  Tapi lo pan udeh cita-citain nih kerjaan dari dulu sebelom ni beasiswa ada, ya udah lo lurusin niat lo yang udah dari awal lo bangun”
“ia bener juga nyak, ya udeh besok pagi aye mau telepon tuh agen penyalur tenaga kerja dah nyak, mo bilang aye bersedia ikut tuh pelatihan bulan depan”
“ia udeh..nyak cume bisa doain lo semoge bisa lancar dah urusan lo…”
“ie makasih nyak”
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dear emakku sayang,..
Apa kabar mak…
Mak bulan kemaren aye diwisuda loh…seneng deh mak.  Tapi lebih seneng lagi kalo ada emak ama babeh hadir di acara wisuda aye.  Kemaren aye cuma di temenin same nyak fatimeh aja.  Babeh ga bisa pulang ke Jakarta soalnye ongkosnye aja mahal buat pulang pergi.  Ngeliat temen-temen aye pade foto-foto same orang tuanye aye jadi iri mak. 
Oh ia, Mak akhirnya aye milih ikut pelatihan persiapan untuk bekerja di salah satu rumah sakit di arab.  Selama 3 bulan aye belajar dan tinggal di asrama yang sudah disiapkan oleh agen penyalur tenaga kerja.  Kalo temen aye si dina jadi ikut ke hongkong tapi berangkatnya bulan agustus nanti. Die nunggu kelengkapan surat-suratnye.Ternyata memilih dua keputusan yang kite sukai ntu suseh ya mak…
Besok aye brangkat mak, ninggalin nih tanah air tercinte…aye jadi sedih...maap ya mak aye jadi nangis.  Aye udeh bilang same babeh klo aye bakalan nyusul die.  Senengnye bise liat muka babeh lagi.  Pan aye juga kangen sama babeh yang udeh lama ga ketemu,
Udah ya mak…klo diterusin nanti mata aye jadi tambah sembab soalnye hari ini aye ga tahan banget nahan ni aer mata….besok pan aye mo naek pesawat, malu kalo diliat orang mate aye sembab.
Selamat malam mak dan salam rinduku untuk mu….Semoga Allah merahmati mu dan juga merahmati babeh..amin.

 2009…..07.45 pm

“Assalamualaikum” Dari dalam telepon terdengar suara yang tidak asing lagi, itulah suara temen lamaku dina..
‘walaikumsalam……..”
“putri gw kangen sama lo…”
“dina..apa kabar lo….udah lama ga telepon gw….sombong lo..”
“kabar gw kurang baik, kabar lo gimana??….sebel nih gw”
“gw alhamdulillah bae..lo sendiri pa kabar…sebel kenapa”
“ihh gar-gara  flu sialan ntu gw jadi di karantina”
“dikarantina…sapi kali lo…heheheh”ledek aye
gw ga becanda…gara-gara flu babi, kita yang ada di Negara ini jadi ga bebas kemana-mana pake masker udah gtu gw berada di wilayah yang banyak jatuh korban karena tuh virus jadi daerah gw dikarantina gtu dah”
“masyaallah din…ya udah lo jangan kemana-mana dulu, makan-makanan yang bersih dan banyak berdoa biar ga kena tuh virus”
“ia put…eh udah dulu yah gw mo istirahat, lagian mahal bo telepon ke beda negara…assalamualaikum”
“ia jaga diri lo din..walaikumsalam”
Yah….Ga sempet deh aye Tanya macem-macem tentang perkembangan kuliah dia di sana.  Kesian Dina……….
alhamdulillah Ya Allah,  Engkau memberikan aye pilihan yang tepat.  Seandainya dulu aye pilih ikut ntu beasiswa wah bisa-bisa aye terkena tu virus dan dikarantina kaya si dina.
“put..”suara babeh dari dapur
“ia beh”
“ perlengkapan untuk besok udeh lo cek blom…nanti ade yang kelupaan lagi”Tanya babe
“udeh beh, beres dah sekarang tinggal istirahat biar besok seger nih badan”
++++++++++
08.45 pm
Dear emak…
Apa kabar mak…
Mak insyaallah besok aye ama babeh mo umroh ketanah suci mak….seneng banget aye mak bisa berkunjung kerumah Allah…mudah-mudahan Allah mendengar doa-doa aye ya nyak….maaf nih mak untuk yang perdana ini aye baru bisa umroh atas nama aye dulu.  Kalo Allah mengijinkan aye untuk bertamu kerumahnya lagi nanti aye pake atas nama emak dah..
“putri…put…lo udeh tidur lom…?”suare babeh n suare ketokan pintu dari balik pintu kamar aye.
“ie beh, blom tidur aye…kenape beh?
“ntu tadi siang, mpok fatimeh nelepon kesini, katenye ada temen lo dateng kerumah mpok fatimah”
“sapa beh?
“sape ye..babeh lupa..yang jelas cowok, namenye..ar…ari..hari…oooo bukan-bukan…Ardi.”
“ardi..ngapain tuh orang kerumah mpok  fatimeh”
“kaga tau dah babeh tapi yang jelas kate mpok fatimeh tuh orang bae, sopan, trus katenye dia udah kerja jadi dokter.  Udeh gitu katanya dia kecewa banget pas tau elu kerja di sini. Tuh orang minta no telepon lo tapi same mpok fatimeh ga dikasih.  Soalnye nyak fatimeh takut kalo lo ga demen same tuh orang”
“mmm…bagus dah nyak fatimeh ga kasih nomer telepon aye…biarlah kuasa Allah yang akan mempertemukan aye same ardi kalo kite berdua berjodoh….udah ah beh, kite tidur ja  besok kita harus bangun pagi”
“ia tapi babeh saranin lo hubungin tuh orang, pan umur lo juga udah ga muda lagi…lo juga musti ngebangun keluarga..masa mo tinggal same babeh terus….”
“ye babeh…udeh ah aye mo tidur, dah….”
+++++++++++++++++++++++++++++++
Labbaikallahumma labbaik…labbaikka laa syarii kalabaik…
Labbaikallahumma labbaik…labbaikka laa syarii kalabaik…
Sambil aye memutari ka’bah, tak henti-hentinya aye memuji kepade yang maha kuasa namun tiba-tiba……..
“emak….!”
Aye liat emak….aye liat emak tersenyum di antara kerumunan orang yang melaksanakan ibadah umroh…..
Alhamdulillah…emakpun tersenyum dihari bahagia ini…..tak terasa air mata ini membasahi pipi dan bibir ini yang tak henti mengucapkan kebesaran Allah.
Labbaikallahumma labbaik…labbaikka laa syarii kalabaik…
Labbaikallahumma labbaik…labbaikka laa syarii kalabaik…
Labbaikallahumma labbaik…labbaikka laa syarii kalabaik…

Aye ga bisa ngelupain wajah emak yang tersenyum itu dan emang bener kata babeh, emak udeh idup enak di rumah Allah.  Ternyata rasa cinta dan sayang kita kepada emak belom seberapa bila dibanding cinta Allah kepada emak……
Emak ku sayang rindu ku sedikit terobati oleh senyumu itu dan lebih terobati lagi jika kita bisa berkumpul di jannahnya Allah kelak. Amin……….. EMAK…I LOVE U……


By : irma
Catatan kecil:
“dari kecil gw selalu berharap bisa pergi ke tanah suci bareng sama orang tua gw…..tapi Allah berkata lain…….mamah telah pulang kepada pemiliknya,
dan semoga cerita ini bisa memacu hidup kita semua. Dan semoga Allah menyampaikan kita untuk berkunjung kerumahnya,amin”

By : irma yang selalu mencintai Allah…
Sumber (hak cipta/copy right) : 
irma listiani
(mamie-irma.blogspot.com)
(mo copas tulisan ini???monggo asal tulis sumbernya yahhhhh n follow my blog)

2 komentar:

  1. Subhanallah...cerpen yg menarik.

    “dari kecil gw selalu berharap bisa pergi ke tanah suci bareng sama orang tua gw…..tapi Allah berkata lain…….mamah telah pulang kepada pemiliknya" >> rencana Allah pasti terbaik bagi hambaNya.
    Semoga Allah mempertemukan kalian (irma & mamah) dlm surgaNya kelak..amin.

    BalasHapus
  2. amin...rasanya lama bener perpisahan ini..... sudah menumpuk rasa rindu di dada..rindu mencium bau tubuhnya, rindu melihat dia marah, rindu mendengar tawanya, rindu tidur disampingnya, banyak dah kerinduan untuk mama tercinta...

    BalasHapus