Saling nasihat menasihatilah kamu dalam kebajikan

Masa depan seseorang banyak ditentukan oleh kemampuan dirinya dalam mengatasi berbagai kesulitan di masa sekarang. Banyak orang-orang yang siap dan tahan bantingan di masa silam ia ternyata pantas untuk meraih sesuatu kemenangan sekarang.

Senin, 05 Agustus 2013

My First, Heart of Journey....

Umroh 2013

Semua berawal dari resolusi tahun 2013, dimana saya berniat-berdoa-nabung untuk pergi umroh.  Selain itu semua ini berawal dari kegalauan saya tahun ini yang benar-benar…..dosa dan dosa selalu saya perbuat jadi tiada tempat mengadu dan tiada tempat berkeluh kesah selain kepada Allah SWT.

Niat dan rencananya saya mau berangkat umroh bareng temen saya yaitu Vira Abdullah Alatas yang rencananya kita mau berangkat bulan juni 2013. Namun karena ada alesan lain akhirnya vira mengundurkan tanggal keberangkatan.  Habis itu saya semakin galau…satu persatu temen saya yang berniat umroh saya hubungin dan saya ajak bareng untuk pergi umroh…namun apa daya gayung tak bersambut. Dan makin galau ajah deh …Trus kasubdit saya ngajakin barengan untuk umroh……..huaaaaaaaaa betapa senangnya ada temen bareng umroh…tapi apa daya karena bulan juni ada ujian penyetaraan ijasah yang belum jelas tanggalnya jadi batal lagi……………….tambah galau lagi deh..hiks…..Surat penyetaraan ijasahpun dateng deh tuh…rencanya tanggal 17-19 juni dan 24-26 juni…..hiks..bingung plus galau abis tuh….cz tanggal yang  dinanti-nanti buat umroh pengennya taggal 28 juni cz bertepatan hari ulang tahun saya (ga special jg sehhhhhhhhhhhhh…..) tapi kali-kali pengen juga memaknai tanggal itu dengan hal yang baru dan baik.

Ok deh…..tanggal 14 juni saya demam n flu…besoknya masih sakit tuh, saya putusin untuk daftar umroh kemberangkatan tanggal 3 – 11 juli 2013 itu bareng rombongan keluarga gtoh. Eh ternyata kasubdit saya, adenya n ade iparnya jg menggunakan travel yang sama n tanggal yang sama…ya sud deh..kita akhirnya pergi bareng.Tanggal 26 Juni 2013….saya ijin ga masuk kerja untuk suntik meningitis n suntik flu.Abis shubuh dianter sama bokap ke halim untuk suntik…pas sampe sana Alhamdulillah blom banyak yang dateng. Trus kita nulis nama gitu sebagai nomer urut…klo ga salah gw dapet nomer 6. Abis nulis saya n bokap sarapan deh…abis ntu JJS disekitar bandara sambil nunggu ampe jam 9. Setelah jam 9 saya ke tempat penyuntikan eh makin lama makin rame…kita disuru ngisi form gtoh sambil menyertakan foto diri, foto copy passport.  Pas nomer n nama saya dipanggil, saya masuk tuh ke ruangan. Eh ternyata didalemnya masih nunggu..bentar sih..trus masuk deh ke dalam tirai di dalemnya sudah ada dokter akhirnya saya disuntik kanan kiri yaitu suntik meningitis n flu. Abis ntu di suru masuk ruangan yang di sebelah kiri disitu tempat pembayaran dan dicetak buku kuning. Nih…foto buku kuning eke cinnnnn….

Tanggal 28 Juni 2013…My B’day…Pagi2 saya traktir makan pagi bbrp temen kantor di lantai 2 gedung 2….pagi2 udh dapet kado dari kasubdit saya n putri. Kira2 jam 10an eh si mba ita n mba resky bawain kue jadi heboh deh…ampe direktur  keluar ruangannya..hadeuh…cekidot this picture….

Pulang kerja pada hari yang sama………….gw marah2 sama temen gw yang ga mau temenin makan malem. Besoknya….dia ga nepatin omongannya…yaaaaaaaaaa sudlah….emang orangnya gitu…Cuma demen ngerjain gw….ok deh. Skip cerita ini.
Back to my umroh story….
Oia sebelum pergi umroh tanggal 1 juli 2013 kita manasik…kita dikumpulin diruangan trus dijelasin deh kegiatan kita selama umroh pake slide show gtu…setengah hari selesai manasiknya.
Just info untuk temen-temen yang mau pergi umroh/haji, jangan lupa bawa perlengkapan obat-obatan yang lengkap cz waktu gw di sana alhamdulillah obat yang gw bawa cukup membantu ketika gw sakit.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

3 Juli 2013Sekitar jam 10.00 WIB saya udah sampe bandara soeta dianter sama rombongan keluarga. Trus sekitar jam 14.00 an kita udah disuru masuk ke pesawat Saudi airlines. Pokoke lama betul deh di pesawat…tidur-nonton tipi-makan-tidur-nonton tipi…akhirnya sampe juga di madinah…alhadulillahirabbilamin.Masih dibandara kita sempet bingung tuh soalnya waktu manasik kan di infoin klo koper sgala macem bakal diurus sama travel eh ternyata oh ternyata untuk keluar bandara kita nyari2 sendiri koper kita. Abis ntu saya, mba dayang n mas banu cari koper2 kita..setelah lengkap baru tuh koper kita serahin sama orang travel. Abis ntu kita naik bus rombongan menuju hotel…kira-kira sampai hotel sudah jam 11 atau jam 12 an waktu sekitar. Makan malam sebentar trus istirahat….ga lama istirahat dikit lagi waktu shubuh…dan kita berangkat ke masjid nabawi…dan kegiatan kami selama di madinah yaitu setiap waktu sholat wajib kita berangkat ke masjid nabawi. Dan setiap keluar hotel gw tidak lupa untuk memakai masker karena eh karena….panas boooooo….waktu saya baru dateng ajah bibir udah kering banget dan berujung bengkak bibir atas , alias alergi untung bawa obat alergi jadi ga bengkak2 amat bibir.Selama di masjid nabawi kita berkunjung ke makam rasulullah dan sahabatnya. Nah stiap sholat di sana saya buka deh tuh lembaran pesenan doa-doa dari keluarga n temen2…stiap berdoa udh kaya bawa laporan 4 lembar kertas tuh titipan doa….Trus yang paling mengharukan dari masjid nabawi yaitu ke raudah… apakah itu raudhah…

Raudhah adalah satu tempat yang sangat mulia di dalam Masjid Nabawi. Selain menjadi lokasi Rasulullah SAW dan para sahabatnya beribadah dan tempat turunnya wahyu kepada baginda, ia juga merupakan taman syurga.“Ruang antara rumahku dan mimbarku adalah satu taman daripada taman-taman syurga.  Nah disitu adalah salah satu tempat yang mustajab untuk berdoa. Namun….khusus perempuan ada jam khusus untuk berkunjung ke raudhah..sekitar pukul 9.00 pagi waktu setempat kita berkumpul di lobby hotel untuk menuju raudhah. Sesampainya disana kita duduk didalam masjid untuk mendapat giliran karena penuh dan perjuangannya subhanallah banget. Kita ga boleh pisah dari rombongan karena penuh banget dan biar gampang berdoa pas di raudahnya maka jangan deh ampe kepisah dari rombongan.

Ketika kami yaitu rombongan dari asia untuk masuk …langsung deh tuh dorong2an desekkan…tp masih gandengan sama rombongan ke raudhah yang ditandai oleh karpet berwana hijau. Pas sampai kita bergantian sholat sunnah di sana.
Nih...foto waktu di masjid nabawi :
ini di depan masjid nabawi

keren kan payungnya kalo siang kebuka..kalo malem kuncup payungnya....biar ga kepanasan klo siang...

Tempat yang kita kunjungi selanjutnya makam baqi terus kita mengambil miqat menuju mekkah.

Mekkah
Sesampainya di mekah sudah malam. Kita sebentar kehotel menaruh tas kemudian dilanjutkan tawaf dan sa’i.  subhanallah banget deh..bisa lihat dan megang ka’bah dari dekat. Terus bisa sholat di depan hajr ismail dan makam nabi ibrohim.

di pelataran masjidil haram

subhanallah banget bisa berada di rumah Allah. pada saat saya berkunjung, di sekitar ka'bah lagi ada pembangunan.

salah satu pintu masuk masjidil haram "King Abdul Aziz Gate"

ini jalanan dari masjidil haram menuju hotel...deket kok....di depan hotel ada penjual ice cream...yummiii.... trus di depan hotel banyak yang jual makanan...xixiixixixixi...nambah gemuk deh.
 oia di sekitar jalan juga banyak burung dara.....keren kannnnnnnnnnnnnnn

Selama di mekkah ibadah agak sedikit kendur karena badan kurang sehat tapi tetep semangat untuk melakukan tawaf dan sai sunnah ditambah tawaf wada yang kami lakukan pada awal bulan ramadhan 1434H.

+++++##############################################################++++++++++++++
Sehari sebelum pulang kita melaksanakankan city tour diantaranya ke gua hira, jabal rahmah, masjid kuba, masjid kiblatain.  Keren banget deh.
Nih....foto-fotonya.................

di sekitar masjid kuba..."saya, bu aghra, mba dayang"

masjid kiblatain. dinamakan masjid kiblatain karena memiliki 2 arah kiblat.

Jabal Rahmah...hm.....waktu berkunjung ke sini..badan lagi kurang sehat....dan panas betul cuacanya jadi cuma sempet turun sebentar dan foto2 ajah.

setelah rangkaian ibadah telah dilaksanakan...
Sehabis itu packing2….menunggu keberangkatan pulang di mana kita mampir dahulu ke laut merah dan masjid terapung. karena para jamaah lagi melaksanakan saum hari pertama jadi yah...agak lemes dikitlah...xixiixixixi
Malam harinya kami kembali ke tanah air dengan menggunakan pesawat saudi airlines dan sampai tanah air sekitar jam 11.30an .
Itulah kisah umrah pertama saya.….semoga Allah menyampaikan saya, orang tua, keluarga, teman-teman untuk dapat berkunjung ke Baitullah. Amin ya rabbal alamin…
dan semoga ibadah yang telah saya lakukan dapat diterima oleh Allah SWT.